✔ SOLUSI WINDOWS 8 / 8.1 TIDAK BISA SHUTDOWN & SLEEP

Windows 8 / 8.1 dengan segala daya tarik serta fitur yang ditawarkan memang menjadi salah satu pilihan Sistim operasi bagi perangkat PC ataupun laptop kita. selain karena kemudahan yang ditawarkan. terutama masyarakat Indonesia yang kini juga menjadi pengguna setia sistim operasi besutan Microsoft ini. namun dari kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan tersebut, masih ada saja permasalahan yang ditemui oleh para pengguna windows 8/8.1 ini. diantaranya adalah permasalahan seputar Laptop atau komputer tidak bisa shutdown, restart, sleep, stanby ataupun hibernate. ini yang menjadi dasar dan tema pada artikel yang saya tulis kali ini.

Mengatasi komputer tidak bisa shutdown di win8
title

1. Windows 8.1 tidak bisa Sleep / stanby

ya, mungkin masalah laptop tidak bisa standby ini bukan lah suatu hal  yang banyak di alami oleh pengguna windows karena fitur ini jarang digunakan apalagi pada perangkat PC Desktop. namun lain halnya jika masalah ini dialami oleh pengguna yang menggunakan laptop dan bekerja secara mobile artinya perlu secara sering membuka dan menutup laptopnya. windows 8 tidak bisa sleep akan membuat pekerjaan menjadi lebih lambat dan terganggu karena baterai laptop juga akan cepat terkuras dan mengakibatkan baterai laptop menjadi bocor.

Penyebab :

Biasanya hal ini disebabkan oleh anda yang menginstall software aplikasi Virtual Box. karena driver jaringan yang tidak bisa dimatikan pada saat laptop atau komputer akan melakukan proses Sleep atau standby.

Solusi  :

cara untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Lakukan uninstall atau hapus program virtual box, maka komputer atau laptop anda akan kembali normal setelah sebelumnya tidak bisa melakukan proses sleep atau stanby.

2. Windows 8 / 8.1 tidak bisa Shutdown atau dimatikan

masalah ini cukup banyak terjadi di kalangan masyarakat kita. memang tentunya cukup menggangu ya, bagaimana tidak kita tidak bisa membuat laptop atau komputer kita mati. tentu saja membuat panik :D. mungkin bagi yang belum tahu akan berpikiran bahwa "ada yang salah dengan laptop saya" atau "wah ternyata laptop / komputer saya bervirus". tapi tenang saja! jangan terburu - buru mengambil keputusan untuk melakukan downgrade menjadi win7 lagi. karena sesungguhnya masalah komputer di windows 8 tidak bisa shutdown ini cukup simple.

Penyebab :

Fitur Fast Startup atau "Hybrid Shutdown ini lah yang menjadi dalang penyebab kenapa windows 8.1 tidak bisa melakukan proses shutdown atau terkadang ketika baru proses login tiba - tiba reboot secara sendirinya. 

awalnya pihak microsoft mengklaim bahwa fitur "hybrid shutdown" ini akan mengurangi keseluruhan waktu startup dengan melakukan hibernasi pada kernel session daripada menutup aplikasi startup tersebut yang akan membuat waktu loading dari proses hibernate akan lebih lama. Namun ternyata fitur ini malah menyebabkan masalah baru.

Solusi :

  1. Jika anda berada di tampilan awal, cukup ketik kata "Power" maka akan muncul hasil yang berkaitan dengan hal ini.
  2. jika anda berada di desktop, arahkan kursor menuju posisi kanan atas, akan muncul charm bar dan ketik kata "power" pada kotak pencarian.
  3. sekarang klik pada menu setting yang ada di sebelah kanan hasil pencarian dan klik "Changes what the power buttons do".
mengganti setting power di windows 8 / 8.1
menu setting power pada win8
anda juga bisa mengakses hal yang sama dengan cara mengetik kata "powercfg.cpl" pada menu RUN yang bisa di akses dengan menekan tombol ( windows + R ).

mengatasi windows 8 / 8.1 tidak bisa shutdown
shutdown settings
setelah itu akan ada menu shutdown settings. lalu scroll terus kebawah sampai anda menemukan pilihan "Turn on fast startup (recommended)." lalu disable atau non-aktifkan pilihan ini dengan menghilangkan tanda centang yang ada. namun jika tidak bisa dirubah atau tidak menemukan hal diatas, coba anda scroll lagi keatas dan klik pilihan changes setting that are currently unavailable .

jika cara di atas belum juga menyelesaikan masalah kita. coba anda akses command prompt dengan klik kanan di sebelah kiri bawah tampilan windows. dan masukan command berikut :
bcdedit /set disabledynamictick yes
setelah itu klik Save changes dan silahkan lakukan restart. selamat masalah laptop atau komputer tidak bisa shutdown telah terselesaikan :)

Post a Comment

Newer Post Older Post